20 Soundtrack Anime Naruto Terbaik

by - November 02, 2017


Selain populer dan bagus di bagian cerita dan karakternya, Soundtrack pengisi yang mengiri opening dan ending Naruto juga tak kalah hebatnya dan kadang lagu-lagunya asyik didengar kapanpun dimanapun. Kalau tak salah ada sekitar 84 soundtrack yang mengisi anime satu ini. Sembari menikmati tontonan, sayapun sangat menyukai beberapa lagu-lagu yang dibawakan oleh berbagai kalangan penyanyi dan band dari negara Jepang tersebut. Well, 20 list lagu berikut ini hanya berdasarkan selera pribadi semata, jadi mari kita lihat apakah selera kita sama soal musik yang diurutkan dari terendah ke terbaik.

20# Supercell - Utakata Hanabi
Lagu yang lirik dan musiknya sangat menggalaukan. Suara vokalis Supercell yang indah dan seolah menumpahkan jenis dari air mata, tapi entah saya belum dapat maksud lirik lagu ini sebenarnya.

19# AZU - For You
Lagu dengan feel yang bagus dan menggetarkan. Suara lembut dan magis dari AZU memang tidak ada duanya.

18# Aqua Timez - Mayonaka no Orchestra

Ciri khas lagu Aqua Timez ini memang selalu enak didengar. Hanya saja penempatan lagu ini hanya untuk bagian ending dan bukan untuk opening.

17# Akeboshi - Yellow Moon

Lagu kedua dari Akeboshi ini sebetulnya lirik dan tone nya begitu dalam dan menyentuh. Tapi, sayang ending lagu ini berada di bagian cerita filler Naruto yang panjang. Hingga popularitas lagu ini terasa kurang. Namun, tentu saja lagunya tetap terbaik dan tidak kalah dengan lagu Wind.

16# UNLIMITS - Cascade

Lagunya enak didengar, itu saja :P

15# FLOW - Niji no Sora
Satu-satunya lagu yang mengambil latar belakang dari kedai Ramen Ichiraku, tempat Naruto sering nongkrong bersama teman-temannya untuk makan Ramen. Hal yang spesial dalam ending Naruto ini ialah setiap moment ditembak singkat dari Naruto semasa kecil (mungkin umur 4-5 Tahun), bocah hingga dewasa, seolah tempat ini juga tidak kalah penting dan penuh kenangan bagi Naruto dkk.


14# Asian Kung-fu Generation - Blood Circulator

Lagu kedua dari Asian Kung-fu Generation ini memang cocok sekali untuk menggambarkan pertarungan klimaks antara tim 7 dengan Kaguya, plus Sasuke dan Naruto sebagai penutup kisah anime ini. Tapi, entah kenapa lagunya terasa kurang greget, mungkin karena tenggelam oleh dua opening soundtrack yang jauh lebih unggul daripada ini.

13# Tacica - Newsong
Lagu dengan kesan santai tapi progressive dibagian chorus-nya. Kesan lagu ini cocok jika memperhatikan kisah latihan Naruto bersama Killer Bee, yang tampak santai, konyol tapi juga menyentuh saat kita melihat pertemuan Naruto dengan sisi gelapnya (kebencian) Naruto.

12# Asian Kung-fu Generation - Haruka Kanata

Salah satu bagian terepik dari serial anime Naruto (kecil) adalah ujian chunnin. Disinilah kita mengenal berbagai ninja-ninja hebat di konoha dan negara ninja lain seperti Gaara. Lagunya pun menggambarkan begitu pas dengan berbagai moment aksi seru yang menegangkan tanpa henti, seolah Haruka Kanata dengan alunan melodi rock yang beating terus menggebuk nafas tiada henti.

11# DJ Mitsu - Hero's Come Back!!

Transformasi dari Naruto kecil sampai remaja dari lagu DJ Mitsu ini kental dan berhasil mengubah nuansa tersebut. Lagu Hip-Rock (mix dari Hip Hop dan Rock) seolah telah mengubah cara pandang kita terhadap semua perubahan setting dan karakter dengan sedikit modern dan dewasa.

10# Kuroneko Chelsea - Ao no Rarabai

Salah satu yang menarik dari ending Naruto satu ini adalah video klipnya mengambil dari piece by piece dari manga orisinil Masashi Kishimoto. Art-nya menggambarkan setiap moment terbaik yang pernah terjadi di Naruto. Musiknya pun sangat pas dengan feel yang tidak sedikit membuat kita bernostalgia kembali.

9# Akihisa Kondou - Black Night Town

Salah satu lagu yang mewakili kegelapan dari sosok Sasuke Uchiha, lalu hubungannya dengan masa lalu pahit dari kakaknya Itachi Uchiha. Lagu yang kental nuansa dark dan lirihan melodi yang menyedihkan. Penggambaran yang betul-betul sempurna yang jarang menampilkan sisi tergelap dari kedua kakak beradik ini.

8# NICO Touches the Walls - Niwaka Ame Nimo Makezu

Salah satu lagu yang melodinya sangat khas Naruto sekali. Sebetulnya tidak ada yang begitu spesial dari lagu ini kecuali permainan gitar yang sedikit mencirikan musik tradisional Jepang ditambah video klip berisi puluhan cahaya lampion menafsirkan transformasi Naruto yang bisa mengeluarkan cahaya dari tubuhnya, tapi lagu dari NICO touches the Walls tetap selalu bagus dijadikan opening Anime, dan ini salah satu terbaiknya.

7# FLOW - Go!!

Lagu FLOW yang satu ini memang yang paling mantab jiwa untuk didengar. Beat yang kuat dan kesan rock yang high-tempo seolah memberi semangat berapi-api buat yang mendengar. Lagu Naruto yang buat saya sendiri paling menggambarkan spirit yang asyik dan tak bosan didengar hingga saat ini.

6# Motohiro Hata - Toumei Datta Sekai

Diluar perang dunia Ninja ke-4. Pertarungan Naruto dan Pein adalah yang paling epik dan terkeren sepanjang sejarah Naruto. Kehancuran Konoha, kematian banyak karakter, sekaligus peran Naruto yang begitu besar dari zero to hero buat desa. Musik ini mewakili semua perasaan dan emosi.

5# Hemenway - By My Side

Lagu berjudul By My Side ini seolah mewakili seluruh perasaan si tokoh utama Naruto. Apalagi pertemuan mengharukan yang jelas bikin banjir air mata saat Naruto bertemu sang malaikat cantik yang mencintainya lebih dari siapapun, ibunya Uzumaki Kushina. Lagunya tentang dua orang (orang tua Naruto) yang sudah lama pergi akan tetapi tetap berada disampingnya dan melindunginya. Lagu yang berhasil menyampaikan kesan mendalam dan hangat tentang keberadaan orang-orang yang mencintai meski seolah kita sendirian.

4# Does - Guren

Pembawaan musik yang penuh semangat, keras dan energik. Guren memang sangat pas buat pertarungan melawan musuh terkuat seperti Obito dan Madara. Ditambah musik ini mewakili cerita sejarah terbesar di Naruto terutama sejarah Shinobi dan Konoha. Salah satu lagu beat rock terbaik di Naruto.

3# Sukima Switch - LINE

Saya selalu percaya kalau Sukima Switch membuat soundtrack anime pasti hits dan keren. Tak ayal saat mereka menyanyikan opening Naruto dengan video klip yang sangat minimalis tapi mengena. Ceritanya tentang setiap karakter mengejar sebuah batu bercahaya yang melayang, batu itu bisa kita tafsirkan sendiri apakah itu impian, kehidupan, hati, atau cinta. Dan lagu mewakili semua perasaan itu.

2# Akeboshi - Wind

Wind yang dinyanyikan Akeboshi ini telah memberi nyawa buat Anime Naruto untuk pertama kali. Dengan lirik berbahasa Inggris, tapi apa yang disampaikan begitu menyentuh dengan karakter Naruto yang selalu dijauhi masyarakat dan tidak memiliki teman sedikitpun. Dan lagu ini sampai sekarang tetap worth didengar, sebuah lagu abadi yang rasanya tak mudah lekang oleh waktu.

1# Kana-Boon - Sillhoutte
Inilah lagu terbaik dari semua lagu Naruto yang pernah ada pernah saya dengarkan (Dan paling sering saya putar berulang-ulang). Feel, tone dan tempo beat yang cepat tapi nyaman didengarkan tanpa terburu-buru dan sangat pas dengan video klip yang mengalun indah macam anime alien. Lagu yang sering di aransemen ulang ini memang paling popular dengan penjualan terbaik yang meledak dipasaran.

You May Also Like

0 Comments